Minggu, 07 Juni 2009

Usai JK-Wiranto, Besok Mega-Prabowo Rangkul Umat Kristen

Diposting oleh Achmad


JAKARTA, KOMPAS.com — Jika hari ini, Senin (8/6), pasangan capres dan cawapres Jusuf Kalla dan Wiranto yang bertandang ke kantor Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), besok giliran pasangan Megawati-Prabowo. Mega-Pro juga akan bersilaturahim dengan para pengurus PGI terkait pencalonan keduanya dalam pemilu presiden mendatang.
Ketua Umum PGI AA Yewangoe membenarkan bahwa Mega dan Prabowo akan datang besok, Selasa (9/6), sekitar pukul 09.00. Yewangoe mengatakan maksud kedatangan Mega dan Prabowo sama seperti JK dan Wiranto. Keduanya ingin duduk berbicara dengan para pemuka agama Kristiani tersebut. "Tapi jangan salah. Kami tetap bersikap netral. Kedatangan mereka atas permintaan mereka sendiri," tutur Yewangoe di ruang kerjanya.
Yewangoe menyadari bahwa gereja tidak dalam posisi untuk ikut berpolitik praktis. Hanya saja, gereja juga memiliki tanggung jawab dalam kehidupan berpolitik dan bernegara. Tanggung jawab inilah yang dituangkan dalam masukan-masukan yang telah disampaikan kepada JK-Wiranto tadi. Antara lain terkait pemberantasan kemiskinan, kebebasan beragama dan beribadah, pendidikan dan kesehatan, persoalan Lapindo serta pemberdayaan Papua.
Masukan yang disiapkan PGI untuk Mega dan Prabowo pun tidak berbeda. Menurut Yewangoe, pihaknya tetap menitikberatkan kepada persoalan kebebasan beragama dan beribadah. Sementara itu, Yewangoe mengatakan belum ada surat permintaan yang masuk dari pasangan SBY-Boediono untuk melakukan hal yang serupa dengan PGI.

0 komentar:

Posting Komentar